Dompet Dhuafa Dorong Peningkatan Transparansi Pengelolaan Wakaf
ZNews
2021-03-02

ZNEWS.ID JAKARTA – Dompet Dhuafa mendorong peningkatan transparansi pengelolaan wakaf. Direktur Pengembangan Wakaf dan Zakat Dompet Dhuafa, Bambang Suherman, menyampaikan bahwa para pengelola wakaf perlu lebih banyak mengekspose laporan pengelolaannya ke publik.

“Agar publik mampu mengukur kualitas tata kelola para nazir atas aset wakaf yang ada,” kata Bambang dalam daring Waqf Idea Talk 2, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya, akan lebih mudah untuk meraih kepercayaan publik dengan menyajikan laporan atas proyek-proyek yang sudah dilaksanakan dari dana wakaf tersebut. Dompet Dhuafa, kata Bambang, sudah mengembangkan banyak sumber daya wakaf.

Mulai dari aset wakaf pendidikan, aset wakaf dakwah, aset wakaf kesehatan, aset wakaf sosial kemanusiaan, aset wakaf tanah bangunan, dan rumah hingga perkantoran. Selain itu, lanjut Bambang, yang sekarang sedang menjadi fokus adalah wakaf tunai dan wakaf saham.

“Setiap wakaf yang masuk dari satu wakif itu akan dibuat dalam satu akun, sistem kontrolnya rapi dalam sistem artificial intelligence sehingga bisa kita laporkan akuntabilitasnya kepada publik,” katanya.

Komisioner Badan Wakaf Indonesia, Nurul Huda menyampaikan bahwa wakaf uang sangat erat juga kaitannya dengan pengentasan kemiskinan. Sifat wakaf yang harus produktif membuatnya bisa menjadi instrumen pemulihan ekonomi dan mengurangi kemiskinan.

Huda mengatakan, wakaf dapat mengentaskan kemiskinan secara alamiah. Nazir yang mengelola wakaf pun dituntut untuk memproduktifkan aset wakaf sehingga akan butuh sumber daya, menciptakan lapangan kerja, dan hasilnya dapat disalurkan kembali untuk kegiatan sosial.

Editor: Agus Wahyudi